Binance Dan CZ Dituntut SEC Karena Diduga Menggelapkan Dana Pengguna
BERITA
10mos ago
Admin

Binance serta CEO-nya, Changpeng Zhao, diberikan tuntutan dari pengawas keuangan Amerika Serikat.

Tuntutan ini didasarkan pada dugaan bahwa Binance telah menghasilkan miliaran dolar dengan menempatkan dana investor pada aset yang memiliki risiko signifikan.

Komisi Bursa AS (Securities and Exchange Commission/SEC) mengajukan tuntutan dengan klaim bahwa Binance mencampurkan dana pelanggan dalam jumlah "miliaran dolar" dan secara rahasia mengirimkannya ke perusahaan terpisah yang dikendalikan oleh Changpeng Zhao.

"Kami menduga Zhao dan entitas Binance tidak hanya mengetahui aturan mutlaknya, tetapi mereka juga secara sadar memilih untuk menghindarinya dan membahayakan pelanggan dan investor mereka," ujar Gurbir Grewal selaku direktur divisi penegakan hukum SEC, yang dikutip dari Guardian (6/6/2023).

Dalam pengaduan yang diajukan pada hari Senin di pengadilan distrik federal di Washington, SEC mengatakan "Tergugat telah memperkaya diri mereka sendiri dengan miliaran dolar AS sambil menempatkan aset investor pada risiko yang signifikan."

Pengaduan tersebut juga menduga bahwa antara Juni 2018 dan Juli 2021, Binance memperoleh pendapatan setidaknya sebesar $11,6 miliar (sekitar Rp172,33 triliun), yang sebagian besar berasal dari biaya transaksi.

Selain itu, SEC juga menuduh bahwa meskipun Zhao dan Binance secara terbuka mengklaim bahwa pelanggan AS dilarang melakukan transaksi di Binance.com, mereka telah menyalahgunakan kekuasaan mereka secara diam-diam dan membiarkan pelanggan kaya AS melanjutkan perdagangan di Platform Binance.com.

Ada 13 tuntutan perdata yang telah diajukan terhadap Zhao, Binance Holdings, dan dua entitas terkait Binance lainnya, yaitu BAM Trading Services dan BAM Management US Holdings.

Menurut SEC, Binance dan BAM mengoperasikan platform Binance.US, yang dibuat khusus untuk pelanggan AS setelah platform utama Binance keluar dari pasar AS pada tahun 2019.

SEC menduga bahwa meskipun Zhao dan Binance secara terbuka mengklaim bahwa Binance.US merupakan platform perdagangan yang terpisah dan independen untuk investor AS, mereka secara rahasia mengendalikan operasi platform Binance.US di balik layar.

SEC mencurigai bahwa Zhao dan Binance memiliki kemampuan untuk menggabungkan atau mengalihkan aset pelanggan "sesuai keinginan mereka", termasuk ke dalam entitas yang dikendalikan oleh Zhao yang disebut Sigma Chain.

Regulator tersebut mengklaim bahwa Sigma juga terlibat dalam "perdagangan manipulatif" yang secara buatan meningkatkan volume perdagangan di Binance.US.

Selain itu, SEC juga menuduh bahwa Binance dan BAM Trading mengoperasikan bursa efek, broker-dealer, dan lembaga kliring tanpa mendaftarkan diri, serta melakukan penawaran dan penjualan aset kripto yang tidak terdaftar, termasuk stablecoin Binance USD, yang merupakan token digital yang nilainya diikatkan pada dolar Amerika.

Zhao sendiri dituduh sebagai "orang pengendali" dalam operasi bursa yang tidak terdaftar tersebut.

Pengaduan SEC menduga bahwa Zhao memerintahkan Binance untuk menyembunyikan akses pelanggan kaya AS di Binance.com.

Sebagai bukti dalam gugatan tersebut, kepala kepatuhan Binance diketahui mengirim pesan kepada rekan kerjanya yang menyatakan "Kita beroperasi sebagai bursa efek tanpa izin di AS."

Selain itu, CCO Binance dikutip dalam gugatan yang sama dengan mengatakan "Kami tidak ingin Binance.com diatur."

Sebagai respon terhadap tuntutan tersebut, seorang juru bicara Binance menyatakan "Kami ingin memperjelas bahwa meskipun kami menangani dugaan dalam keluhan SEC dengan serius, dugaan-dugaan tersebut tidak boleh menjadi subjek dalam tindakan penegakan hukum SEC, apalagi dalam waktu yang dipercepat. Hal ini tidak bisa dibenarkan."

John Stark selaku mantan pejabat senior SEC dan dosen senior di fakultas hukum Universitas Duke, mengungkapkan bahwa SEC telah mengambil sikap yang "sangat agresif" terhadap industri kripto baru-baru ini, dengan mengumumkan lebih dari 30 tindakan penegakan hukum terkait cryptocurrency sejak tahun 2022.

Stark juga menambahkan bahwa pengaduan SEC terhadap Binance mengandung "tuduhan pedas" yang mencakup bukti bahwa tindakan yang dilakukan oleh Binance "dirancang untuk menghindari pengawasan peraturan".

Pada bulan Maret, Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) menggugat Binance dan Zhao yang menyatakan bahwa para terdakwa dengan sengaja melakukan "penghindaran hukum AS".

Pengaduan tersebut mencakup tuduhan bahwa Binance membantu pelanggan AS untuk berdagang di platform mereka meskipun tidak memiliki izin regulasi yang diperlukan untuk melakukannya.

Nilai Bitcoin, cryptocurrency terbesar di dunia, mengalami penurunan sebesar 6%, mencapai level terendah dalam hampir tiga bulan terakhir.

Sementara itu, BNB, cryptocurrency milik Binance dan yang terbesar keempat di dunia berdasarkan ukuran pasar, juga turun lebih dari 5%.

Pelaku pasar menyatakan bahwa tuduhan yang dialamatkan oleh SEC dapat menghancurkan reputasi Binance dan berdampak negatif terhadap industri kripto secara umum.

Mereka memperkirakan bahwa tuntutan hukum ini kemungkinan akan meluas ke industri kripto secara luas.

Binance sendiri memiliki dominasi dalam perdagangan cryptocurrency, dengan memproses perdagangan senilai sekitar $65 miliar per hari pada tahun sebelumnya.


*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pembaca bukan bermaksud perintah untuk jual/beli aset kripto. Segala keputusan investasi atau trading harus merupakan keputusan dan tanggung jawab pembaca. Do Your Own Research (DYOR).*