Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Harga Cardano (ADA) hingga 150%
BERITA
4mos ago
Admin

Cardano (ADA) baru-baru ini mengalami kenaikan nilai pasar yang mencengangkan, mengungguli Bitcoin dan Ethereum.

Dari nilai awalnya sebesar US$0,38, kripto tersebut melonjak hingga mencapai level tahunan tertinggi di atas US$0,65.

Peningkatan ini mencatat lonjakan yang mengejutkan sebesar 150% selama tahun 2023.


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan nilai ADA, seperti:

1. Sentimen Positif di Pasar

Kenaikan kinerja ADA sebagian besar dapat dikaitkan dengan tren positif secara umum di pasar kripto. Seiring Bitcoin terus mencapai rekor tertinggi sepanjang tahun 2023 di US$44.500, altcoin termasuk ADA juga mencerminkan momentum peningkatan ini. Analisis dari platform terkemuka seperti Santiment menunjukkan penurunan jumlah alamat ADA secara keseluruhan, yang diartikan sebagai indikator positif karena menunjukkan kemungkinan investor kecil melakukan penjualan kepada pemegang saham besar dengan kerugian.

2. Pertumbuhan Ekosistem Cardano

Ekosistem Cardano telah mencatatkan 79,7 juta transaksi dan mengembangkan lebih dari 1.307 proyek. Dengan 9,1 juta token asli yang diatur oleh 81.621 kebijakan token, perluasan ini mencerminkan adopsi yang meningkat terhadap jaringan Cardano.

3. Perayaan ADA Lovelace

Komunitas Cardano baru-baru ini merayakan ulang tahun ke-208 Ada Lovelace, menegaskan komitmen platform terhadap akarnya dalam komputasi dan matematika. Perayaan ini, yang bersamaan dengan kenaikan harga ADA sebesar 56%, menyoroti hubungan unik antara penghargaan terhadap teknologi dan keterlibatan komunitas yang menjadi ciri khas Cardano.

4. Peningkatan Platform DeFi Cardano

Performa Cardano di ranah DeFi juga mengalami kenaikan, dengan total nilai terkunci mencapai rekor tertinggi sekitar US$420 juta pada tanggal 9 Desember 2023, menurut DefiLlama. Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan nilai dari 10 protokol teratas, termasuk Indigo yang menjadi protokol DeFi pertama di jaringan yang melampaui total nilai terkunci sebesar US$100 juta.

5. Harga ADA Saat Ini

Meskipun mengikuti koreksi pasar pada tanggal 11 Desember, harga ADA turun ke level US$0,55. Kapitalisasi pasar juga mengalami penurunan sebesar 7,5%, mencapai nilai US$19,5 miliar, dan menempatkan Cardano di peringkat kedelapan menurut Coinmarketcap.


Sumber: Coinvestasi


*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pembaca bukan bermaksud perintah untuk jual/beli aset kripto. Segala keputusan investasi atau trading harus merupakan keputusan dan tanggung jawab pembaca. Do Your Own Research (DYOR).*